Cara Mengatasi Tenggorokan Sakit Dan Tips Mengobatinya

Rasa Kering atau gatal di tenggorokan merupakan salah satu gejala paling umum yang terjadi. Sakit Tenggorokan biasa nya menjadi sinyal untuk penyakit flu dan batuk. Sebagian besar penyakit ini disebabkan oleh infeksi atau oleh faktor lingkungan seperti udara kering. Meskipun sakit tenggorokan mungkin tidak nyaman, biasanya akan hilang dengan berjalannya waktu.

Apa pun penyebabnya, sakit tenggorokan atau radang tenggorokan dapat menyulitkan dan membuat Anda merasa tidak nyaman. Kemungkinan anda bisa saja pergi ke apotik untuk membeli obat atau ke klinik terdekat, akan tetapi penyakit yang satu ini bisa di sembuhkan dengan cara alami.


Cara Menyembuhkan Sakit Tenggorokan Dengan Obat Alami

Radang tenggorokan dibagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan bagian tenggorokan yang mengalami peradangan, seperti:


  • Faringitis peradangan di area tepat di belakang mulut
  • Tonsilitis yaitu pembengkakan dan kemerahan pada amandel, jaringan lunak di belakang mulut
  • Laringitis yang merupakan pembengkakan atau kemerahan di kotak suara atau laring.

Penyebab Sakit Tenggorokan


Penyebab sakit tenggorokan berkisar dari infeksi hingga cedera. Berikut ini adalah penyebab paling umum sakit tenggorokan:

Pilek, flu, dan infeksi virus lainnya. Virus menyebabkan sekitar 90 persen sakit tenggorokan. Virus yang menyebabkan sakit tenggorokan adalah: flu biasa, influenza, mononukleosis (penyakit menular yang ditularkan melalui air liur), campak (penyakit yang menyebabkan ruam dan demam), cacar air (infeksi yang menyebabkan demam dan ruam gatal), gondok menyebabkan pembengkakan kelenjar ludah di leher).

Infeksi bakteri Infeksi tenggorokan dapat disebabkan oleh bakteri streptokokus grup A. 40 persen sakit tenggorokan terjadi pada anak-anak. Tonsilitis dan infeksi menular seksual, seperti gonore dan klamidia, juga dapat menyebabkan sakit tenggorokan.

Ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap pemicu alergi seperti serbuk sari, rumput, dan rambut hewan peliharaan, sistem ini akan melepaskan bahan kimia yang menyebabkan gejala seperti hidung tersumbat, mata berair, bersin, dan iritasi tenggorokan. Kelebihan lendir di hidung dapat menetes ke bagian belakang tenggorokan, yang dikenal sebagai tetesan postnasal dan dapat mengiritasi tenggorokan.

Udara kering Udara kering dapat menyerap kelembapan dari daerah mulut dan tenggorokan, membuat daerah ini terasa kering dan gatal.

Asap, bahan kimia dan iritasi lainnya. Banyak bahan kimia dapat mengiritasi tenggorokan, seperti asap rokok dan tembakau, polusi udara, produk pembersih dan bahan kimia lainnya.

Setiap luka, seperti luka di leher, dapat menyebabkan sakit di tenggorokan. ketika hendak Mengambil secuil makanan yang tersangkut di tenggorokan juga ternayata dapat menyebabkan iritasi.

Penyakit refluks gastroesofagus (GERD). Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah suatu kondisi di mana asam lambung mengarah ke daerah tenggorokan. Asam ini membakar kerongkongan dan tenggorokan, menyebabkan gejala seperti mulas dan refluks asam.

Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami

1. Kumur air garam
Berkumur dengan air garam hangat adalah obat sakit tenggorokan alami yang terbukti efektif membantu meredakan rasa sakit dan panas dari sakit tenggorokan. 

Dilansir dari situs Health, beberapa penelitian menemukan bahwa berkumur dengan air garam beberapa kali sehari dapat mengurangi pembengkakan di tenggorokan dan mencairkan lendir, serta membantu membilas bakteri dan berbagai iritasi sehingga dapat meredakan ketidaknyamanan Anda saat menelan.

Untuk membuat obat alami ini untuk sakit tenggorokan, Anda cukup melukis 1 sendok teh garam meja dengan secangkir air hangat. Aduk sampai garam larut dengan air, lalu bilas selama beberapa detik. Keluarkan, kemudian ulangi kumur air garam beberapa kali sepanjang hari. 

Jika rasa asinnya tak tertahankan bagi Anda, campur sedikit madu atau gula secukupnya untuk menetralkan rasanya. Obat sakit tenggorokan alami ini harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

2. Isi cairan tubuh
Jika Anda mengalami radang tenggorokan, Anda membutuhkan lebih banyak cairan untuk meringankan rasa sakit. Mempertahankan asupan cairan tubuh adalah bagian penting dari penyembuhan alami untuk sakit tenggorokan. Ketika Anda kekurangan cairan, tubuh tidak dapat menghasilkan air liur dan lendir yang cukup untuk menjaga tenggorokan tetap lembab. Ini akan menyebabkan pembengkakan dan memperburuk peradangan.

Anda harus mengonsumsi cukup cairan agar urin Anda berwarna kuning cerah atau bening. Ini akan membuat selaput lendir Anda lembab dan bekerja lebih baik melawan bakteri dan iritasi, seperti alergen, dan membuat sistem kekebalan tubuh lebih efektif dalam memerangi gejala pilek dan flu lainnya.

obat air untuk infeksi saluran kemih alami
Minum banyak air adalah obat alami terbaik untuk sakit tenggorokan. Tetapi Anda juga bisa menggantinya dengan teh hangat madu jahe, teh hijau segar, atau sup ayam yang lezat. Kandungan natrium dalam sup ayam memiliki fungsi anti-inflamasi, selain itu, makan sesuatu ketika tenggorokan Anda sakit bisa jadi sulit, sehingga menghirup nutrisi cair dapat menjamin nutrisi yang cukup yang Anda butuhkan untuk melawan penyakit Anda.

3. Permen
Beberapa tablet hisap gratis di pasaran bisa menjadi obat sakit tenggorokan. Kebanyakan tablet hisap mengandung ekstrak mentol, peppermint, atau eucalyptus. Bahan-bahan ini dapat memberikan efek dingin dan mati rasa pada jaringan tenggorokan Anda. Ini karena ketiga bahan ini mengandung sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antivirus sehingga mereka cocok untuk digunakan sebagai obat sakit tenggorokan untuk mendorong proses penyembuhan.

Obat-obatan manis dan batuk berfungsi untuk meningkatkan produksi air liur dan menjaga tenggorokan Anda tetap basah. Tapi seperti namanya, permen ini dapat meredakan tenggorokan gatal Anda, bahkan jika itu hanya sementara dan sangat efektif dalam keadaan darurat.

4. Jus lemon
Sifat astringen yang ditemukan dalam jus lemon dapat membantu mengurangi pembengkakan di jaringan tenggorokan dan menciptakan lingkungan asam yang dapat membunuh virus dan bakteri yang mengiritasi.

Sebagai obat alami untuk sakit tenggorokan, Anda cukup mencampurkan 1 sendok teh jus lemon ke dalam secangkir air hangat, dan membilasnya selama beberapa detik. Lakukan beberapa kali sehari.

5. Bilas cuka sari apel dan garam.
Jika tenggorokan Anda meradang karena batuk yang parah, beri 1 sendok makan cuka sari apel dicampur dengan 2 sendok teh garam yang dilarutkan dalam segelas air hangat. Ini adalah salah satu sakit tenggorokan alami yang bisa Anda lakukan di rumah. Jika perlu, gunakan campuran ini sebagai obat kumur beberapa kali sehari.

Cuka apel asam akan menutupi tenggorokan Anda sambil menciptakan lingkungan yang buruk bagi virus dan bakteri untuk bertahan hidup. Untuk obat yang lebih ringan untuk linu panggul alami, campurkan 1/4 cangkir cuka sari apel dan 1/4 cangkir madu, lalu kumur dengan ramuan setiap empat jam.

6. Kumur air kunyit.
Ramuan kuning ini adalah agen antioksidan yang sangat kuat, dan juga berguna dalam memerangi banyak penyakit serius. Termasuk juga bisa digunakan sebagai obat alami untuk sakit tenggorokan. Untuk meredakan sakit tenggorokan, campur 1/2 sendok teh bubuk kunyit dan 1/2 sendok teh garam dalam secangkir air hangat, bilas selama beberapa detik. Ulangi beberapa kali sehari untuk membuat obat sakit tenggorokan alami ini bekerja lebih baik.

7. Campuran kayu manis dan madu.
Tidak hanya sebagai bumbu atau kue, kayu manis juga bisa menjadi obat sakit tenggorokan. Sebab, kayu manis memiliki sifat antimikroba yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme lainnya. Dengan cara itu, kayu manis membantu mengurangi pembengkakan, rasa sakit dan peradangan.

Untuk membuat obat alami untuk sakit tenggorokan, tambahkan satu sendok teh bubuk kayu manis ke segelas air panas. Setelah itu, campurkan dua sendok teh madu. Saat minuman ini masih panas, hiruplah dalam air dan setelah airnya menghangat, Anda bisa mengkonsumsinya. Anda bisa mengonsumsi campuran alami ini 2-3 kali sehari selama seminggu.

8. Mandi air panas.
Menghirup udara basah bisa menjadi obat alami untuk sakit tenggorokan yang bisa Anda coba selanjutnya. Metode ini membantu meringankan pembengkakan akibat radang tenggorokan, sementara juga menghindari kemacetan.

Ganti air dingin yang biasa Anda gunakan saat mandi dengan air hangat, atau Anda bisa mengisi wadah besar dengan air hangat dengan menggantungkan handuk di atas kepala Anda untuk mencegah uap panas meninggalkan wadah. Bernapaslah dalam-dalam selama beberapa menit dan teruskan selama beberapa menit untuk meredakan sakit tenggorokan.

Atau, Anda dapat menggunakan pelembab udara sebagai obat alami untuk sakit tenggorokan.

9. berhenti merokok
Tips berhenti merokok saat puasa.
Sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh merokok. Karena itu, jangan kaget jika tenggorokan Anda sering sakit. Zat kimia dalam rokok dapat merusak dinding tenggorokan. Bahkan dalam kasus yang parah, lesi di tenggorokan ini dapat berubah dan berubah menjadi kanker tenggorokan.

Itu sebabnya berhenti merokok atau menggunakan produk tembakau lainnya adalah obat alami untuk sakit tenggorokan yang dapat Anda lakukan dengan mudah. Jika Anda bukan perokok aktif, hindari asap rokok sebanyak mungkin. Rokok dan asap rokok dapat mengiritasi tenggorokan Anda.

10. Beristirahat
Istirahat mungkin adalah obat alami terbaik untuk sakit tenggorokan yang dapat diambil untuk melawan infeksi yang menyebabkan sakit tenggorokan. 

Istirahat yang cukup dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga Anda dapat pulih lebih cepat. Juga, jangan lupa untuk mengistirahatkan suara Anda sebagai pilihan lain untuk solusi alami untuk sakit tenggorokan.

Obat sakit tenggorokan yang bisa Anda dapatkan di apotik.

1. Ibuprofen
Ibuprofen adalah kelompok obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID). Obat antiinflamasi ini cocok untuk penderita radang, terutama di tenggorokan. Obat ini bekerja dengan menghalangi produksi zat-zat alami dalam tubuh yang menyebabkan peradangan. Manfaat lain adalah membantu mengurangi pembengkakan, rasa sakit atau demam.


Jika Anda mengalami pembengkakan tenggorokan, berkonsultasilah dengan dokter tentang terapi tanpa obat dan / atau gunakan obat lain untuk mengobati rasa sakit Anda. Ambil ibuprofen, biasanya setiap 4-6 jam, dengan segelas air 250 mililiter, kecuali dokter menyarankannya secara berbeda. Jangan berbaring setidaknya 10 menit setelah minum obat. Jika Anda mengalami sakit perut saat menggunakan obat ini, bersama dengan makanan, susu atau antasida (obat untuk asam lambung).

2. aspirin
Aspirin, atau dalam dunia farmasi yang disebut asetil salisilat, adalah bentuk senyawa salisin olahan yang ditemukan di banyak tanaman. Senyawa ini memiliki beberapa fungsi, tergantung pada dosisnya. Pada dasarnya, ada juga banyak aspirin dalam peradangan obat tenggorokan, yang dijual dengan beberapa merek di pasaran. Aspirin bertindak untuk menghambat enzim yang menghasilkan dan mengatur kerja prostaglandin, senyawa tubuh yang terjadi selama peradangan. Jadi semua hal yang berhubungan dengan prostaglandin dapat dicegah dengan aspirin.

Dosis aspirin untuk mendapatkan efek anti-nyeri dan anti-demam adalah 300-900 mg, diberikan setiap 4-6 jam. Dosis maksimum adalah 4 gram per hari, karena jika lebih dari itu, aspirin akan menunjukkan efek samping. Sedangkan untuk mendapatkan efek antiinflamasi, dosis yang digunakan adalah 4-6 gram per hari.

3. Methylprednisolone
Obat unik untuk sakit tenggorokan ini adalah jenis obat steroid yang menekan sistem kekebalan tubuh (imunosupresan) yang berguna dalam mengurangi gejala peradangan (peradangan) seperti pembengkakan, rasa sakit dan ruam. obat methylprednisolone sering digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dan gejala alergi, tetapi juga dapat digunakan untuk mengobati kondisi lain seperti asma, penyakit Crohn, kolitis ulserativa, dan jenis kanker tertentu.

Untuk mendapatkan obat ini harus diresepkan oleh dokter dan bisa berupa tablet atau suntikan. Sebagai obat antiinflamasi, methylprednisolone bertindak dengan mencegah jaringan merespon proses inflamasi dan menghambat pertumbuhan jumlah sel yang meradang.

4. Naproxen
Naproxen adalah obat untuk sakit tenggorokan dengan fungsi untuk mengurangi rasa sakit dengan menelan makanan di perut. Naproxen juga dikenal sebagai obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID). Ia bekerja dengan cara menghambat produksi zat-zat tertentu yang menyebabkan peradangan pada tubuh.

Anda dapat mengonsumsi naproxen dalam dosis 250 mg-500 mg (naproxen reguler) atau 275 mg-550 mg (naproxen sodium) yang diminum dua kali sehari. Dosis awal untuk pelepasan terkontrol naproxen natrium adalah dua tablet 375 mg (750 mg) sekali sehari, satu tablet 750 mg sekali sehari atau dua tablet 500 mg (1000 mg) sekali sehari.

5. Permen Strepsils

Strepsil hisap manis
Permen ini pasti tidak asing di telinga kita. Karena itu adalah permen dan obat untuk menyembuhkan sakit tenggorokan yang paling sering muncul di televisi. Karena itu, permen isap ini sangat mudah ditemukan di apotek atau supermarket terdekat.

Strepsil selain menyembuhkan sakit tenggorokan juga bisa meredakan pernapasan. Untuk minum obat ini, dosisnya 4 hingga 5 kali sehari sesuai dengan kebutuhan Anda. Tapi ingat, Strepsils bukan untuk penggunaan jangka panjang.

6. Dengan pil Degirol.

Tablet degirol
Degirol sama dengan Strepsils. Penangkal racun ini berbentuk pil yang berfungsi untuk orang yang kesulitan menelan. Jadi bisa dibilang bahwa Degirol dapat digunakan untuk anak-anak dan orang dewasa. Keuntungan dari Degirol ini adalah, selain menyembuhkan sakit tenggorokan, mereka juga dapat meredakan kandidiasis oral, radang gusi dan infeksi pada selaput lendir di mulut.

Sementara aturan penggunaan dikonsumsi setiap 3 hingga 4 jam dan tidak dapat melebihi 8 tablet sehari. Degirol juga memiliki efek samping gatal, kemerahan dan kesulitan bernafas. Jika efeknya separah itu, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter.


7. Obat FG Troches Meiji

FG Troches Meiji Tablet
Obat ini mungkin belum banyak diketahui. Karena Meiji FG Troches tidak dijual secara bebas dan hanya dikirim dalam resep medis. Biasanya, dokter merekomendasikan FG Meiji Troches jika Anda mengalami rasa sakit saat menelan. Penyedia ini memiliki beberapa keunggulan, yaitu, pengobatan sakit tenggorokan, sariawan dan berbagai jenis infeksi pada gusi dan mulut.

Jika Anda minum obat ini, aturannya adalah 1 hingga 2 tablet untuk orang dewasa, sementara anak-anak hanya mengonsumsi 1 tablet. Biasanya, FG Meiji Troches diambil 4 atau 5 kali sehari.

Untuk Navigasi Lengkap Silahkan Kunjungi Peta Situs



Baca Juga:

Langganan Via Email
Copyright © | by: Me