10 Cara Mudah Membersihkan Earphone yang Kotor Agar Suara Bersih

Kebanyakan orang yang suka mendengarkan musik harus memiliki earphone. Earphone adalah pilihan orang yang digunakan saat menelepon, melakukan panggilan video, bermain game, menonton film, dan sebagainya. Nah, karena bentuknya yang kecil dan praktis tentu membuat earphone mudah dibawa kemana mana. Selain itu, objek kecil yang satu ini juga cocok untuk digunakan di semua perangkat, baik itu ponsel, laptop, ipad dan sebagainya.

Menggunakan earphone itu sangat menyenangkan. Biasanya, ini dilakukan agar suara yang dihasilkan menjadi lebih jelas dan tidak mengganggu orang-orang di sekitarnya. Tetapi Anda perlu tahu bahwa menggunakan earphone terlalu lama juga akan berdampak buruk pada kesehatan telinga. Karena itu, Anda harus menggunakan earphone tidak lebih dari 4 jam sehari.

10 Cara untuk Membersihkan Earphone / Headset Kotor


Selain itu, earphone juga benda yang banyak mengandung bakteri. Karena penggunaan earphone dapat menyebabkan kotoran menempel pada earphone, terutama jika Anda sering meminjamkannya kepada orang lain misalnya kepada teman Anda. Coba bayangkan, berapa banyak kuman dan bakteri yang ada di earphone? Nah, jika dibiarkan tidak terkendali tentu akan membahayakan kesehatan telinga Anda, bukan?

Karena itu, Anda harus membersihkan dan merawat earphone Anda secara teratur sehingga bakteri tidak membahayakan kesehatan telinga. Karena selain membersihkan bakteri juga dapat meningkatkan kinerja suara yang dihasilkan oleh earphone. 

Lantas, bagaimana cara membersihkannya? Nah, Anda tidak bisa hanya membersihkannya, karena Anda harus melakukannya dengan cara yang benar. Dan, Anda tidak hanya membersihkan kepala headset, tetapi juga bagian kabel. Ayo, lihat saja cara-cara berikut ini:

1. Membersihkan Kabel Earphone dengan Eucalyptus

Kita dapat melakukan pembersihan earphone dengan memanfaatkan peralatan di sekitar kita. Misalnya dengan kayu putih. Nah, kayu putih biasanya digunakan untuk membersihkan berbagai jenis benda, terutama yang berwarna putih. Misalnya, casing ponsel putih dan kabel earphone putih. Dan seperti kita ketahui bahwa kabel earphone putih biasanya sangat mudah kotor dan terlihat menguning.

Karena itu, Anda dapat membersihkan kabel menggunakan kayu putih karena cukup efektif untuk mengangkat kotoran yang menempel pada kabel. Meskipun tidak akan mengembalikan warna putih terlalu banyak seperti membelinya untuk pertama kalinya. Namun, setidaknya kabel earphone tidak akan terlihat kuning dan kotor. Anda hanya perlu menyiapkan kapas yang telah diberi minyak kayu putih lalu gosok - gosokkan pada bagian kabel yang kotor sampai kabel terlihat putih kembali.

2. Membersihkan dengan Sikat Gigi
Mengapa Anda menyikat gigi untuk membersihkan earphone? Iya nih! sikat gigi memang alat yang ampuh untuk membersihkan earphone Anda. Karena Anda dapat membersihkan lubang-lubang di kepala headset menggunakan gigitan sikat dengan sangat mudah. Caranya adalah menyikat lubang dengan memposisikan sikat gigi sedikit ke bawah. Sediakan selembar kertas sebagai alas untuk menampung kotoran yang jatuh.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sikat gigi untuk membersihkan bagian kabel earphone. Caranya adalah dengan menggunakan sedikit pasta gigi untuk diaplikasikan pada kabel sehingga kabel bisa terlihat lebih bersih.

3. Membersihkan Kabel Earphone dengan Minyak Bayi
Yah, mungkin kebanyakan orang yang tidak tahan dengan aroma kayu putih. Karena itu, Anda bisa menggunakan alternatif lain seperti baby oil. Karena baby oil juga cukup kuat untuk membersihkan kotoran yang menempel pada kabel earphone. Dan untuk cara membersihkannya, itu seperti menggunakan kayu putih, yaitu menyeka kapas dengan baby oil dan menggosoknya pada kabel earphone.

4. Menggunakan Cairan Desinfektan
Untuk membersihkan earphone dari bakteri atau kotoran, Anda dapat menggunakan cairan desinfektan. Cairan desinfektan ini adalah bahan kimia untuk membunuh mikroorganisme yang hanya bisa digunakan pada benda mati. Nah, cara menggunakannya adalah cairan desinfektan yang dicampur dengan air hangat dengan kombinasi cairan desinfektan 30% dan air hangat 70%.


Selanjutnya, gunakan kain microfiber pada air campuran. Setelah itu, bersihkan earphone, baik pada earbud atau headset atau kabel. Saat menyeka, Anda harus berhati-hati dan jangan biarkan air masuk ke lubang headset.

5. Membersihkan Kabel Earphone dengan Eraser
Tahukah Anda bahwa Anda juga dapat menggunakan penghapus untuk membersihkan kabel earphone? Mungkin itu tidak pernah terlintas di pikiran Anda. Namun perlu Anda ketahui, bahwa selain digunakan untuk menghapus tulisan pensil di atas kertas, penghapus juga mampu membersihkan kabel earphone dengan mudah. Caranya adalah dengan hanya menggosok penghapus ke dalam kabel untuk menghilangkan noda pada kabel earphone

6. Membersihkan dengan Cotton Buds
Cotton buds tentu bukan hal asing bagi Anda bukan? Karena Anda juga sering menggunakannya untuk membersihkan telinga Anda. Nah, selain bisa menggunakannya untuk membersihkan telinga Anda, Anda juga bisa menggunakan cotton buds ini untuk menghilangkan kotoran yang menempel terutama di antara lubang-lubang headset.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan pembersihan ini menggunakan tusuk gigi. Ini dilakukan agar lubang di earphone bisa lebih bersih dan bebas dari kotoran.

7. Membersihkan dengan Pemutih
Cara selanjutnya untuk cara membersihkan headphone putih yang mulai menguning adalah dengan menggunakan pemutih yang biasanya digunakan untuk pakaian. Meskipun hasilnya tidak sepenuhnya putih, mereka tidak akan kotor dan tampak lebih bersih dan putih. Caranya adalah dengan menyemprotkan pemutih dan sikat selama sekitar 180 detik. Jika demikian, Anda hanya perlu mengeringkan earphone dengan mengeringkannya.

Namun, yang perlu Anda ingat, saat menyemprotkan pemutih pada kabel earphone, yang terbaik adalah tidak mengenai earbud atau headset head. Selain itu, jangan menyentuh steker earphone sehingga tidak ada kerusakan atau kekurangan.

8. Membersihkan Bantalan Headset / Earphone
Tahukah Anda, bantalan headset / earphone? Anda juga harus membersihkan bantalan headset, cara menghilangkan bantalan earphone di hp xiaomi rentan terhadap keringat dan debu. Nah, Anda bisa membersihkan pembalut ini menggunakan kain basah dengan sedikit air sabun. Selain itu, bantalan headset juga rentan terhadap bau, sehingga Anda dapat membersihkannya menggunakan lotion kulit atau tas tangan. Sedangkan untuk pembalut kain, Anda bisa mencucinya seperti mencuci kain biasa.

9. Membersihkan dengan Penghapus Cat Kuku
Selain bisa menghilangkan cat kuku, cat kuku juga sangat efektif untuk membersihkan earphone. Selain itu, juga bisa membuat kabel earphone terlihat lebih baik dan bebas dari kotoran. Cara menggunakannya hanyalah menggosok cat kuku dengan menggunakan kapas. Menggunakan penghapus cat kuku juga tidak hanya digunakan untuk kabel earphone putih, tetapi juga untuk kabel earphone berwarna lainnya.

10. Membersihkan dengan Hand Sanitizer
Hand sanitizer adalah pembersih tangan yang tidak membutuhkan air untuk membilasnya. Nah, karena sangat sederhana dan dapat dibawa dengan mudah ke mana pun Anda pergi, maka hampir semua orang harus memiliki dan menggunakan pembersih tangan satu ini.


Sekarang jika Anda memiliki pembersih tangan atau pembersih tangan di rumah, Anda dapat menggunakannya untuk membersihkan kabel earphone yang menguning. Karena pembersih tangan ini cukup efektif untuk membersihkan kotoran yang menempel pada kabel earphone dan juga membuatnya terlihat lebih putih.

Untuk Navigasi Lengkap Silahkan Kunjungi Peta Situs



Baca Juga:

Langganan Via Email
Copyright © | by: Me